Selamat Datang di Website Portal Informasi Desa Kabupaten Sabu Raijua         
  pemkab@saburaijuakab.go.id
  (0380) 861209
                                                                               
Detail Berita

Awasi Dana Desa, Mendagri Minta Kabupaten Sisihkan Dana untuk Camat.

Image

by administrator 26 Nov 2018 680 viewers

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyinggung soal akan adanya dana yang dikucurkan kabupaten untuk camat. Dana tersebut nantinya akan dipakai sebagai duit operasional mengawasi dana desa.

"Sekarang banyak kepala desa yang tidak melewati camat, langsung ke bupati, Kemendes, fungsi camat apa? Kita fungsikan ke fungsi pengawasan dan pendampingan," kata Mendagri seusai Pembekalan Diklat Kepala Daerah Terpilih Gelombang II di gedung BPSDM Kemendagri, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2018).

Mendagri menyebut besaran dana untuk camat disesuaikan dengan besaran yang sanggup dikeluarkan oleh kabupaten.

"Kita minta dana alokasi ke kabupaten kota itu dibahas dengan DPR RI, disisihkanlah untuk camat," tutur Mendagri.

"Oh bukan (dana desa). Kalau camat tuh kita hanya membuat petunjuk saja tolong bahwa camat sebagai SKPD kan camat punya fungsi lain.... (Besarannya) terserah. Kemampuan keuangan daerah beda-beda," jelasnya.

Tjahjo menuturkan, camat yang menginginkan tambahan dana terutama yang berasal dari luar Jawa. Mereka ingin ada pos anggaran untuk mengawasi dana desa.

"Camat di Jawa itu enggak mau pindah, lebih milih jadi camat daripada kepala dinas, karena camat di Jawa itu anggarannya bisa Rp 2-3 miliar, itu gede, apalagi Jakarta," ungkap Tjahjo.

"Jadi dana desa yang begitu besar ini semua pihak perlu diawasi, pendamping sudah ada pos anggarannya, lurah sudah ada pos anggarannya, hasil rakor camat se-Indonesia itu 'pak mau sampaikan pada pak gubernur, sampaikan kepada pak bupati supaya anggaran kami ditambah. Itu yang di luar Jawa lo ya," ujarnya.

Daftar Agenda

Jokowi soal Dana Desa Rp 70 T: Jangan Sampai Uang Balik ke Jakarta

Aceh - Kucuran dana desa setiap tahun meningkat. Tahun depan, pemerintah berencana menaikkan dana desa menjadi Rp 70 triliun/tahun. Presiden ...

Jokowi ke Pejabat: Jangan Korupsi, Jangan Mark Up!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada seluruh menteri, pimpinan lembaga, dan 34 gubernur untuk tidak terlibat dalam tindak korupsi.

Hal itu ...

Tak Ada Desa Tertinggal di RI 10 Tahun Lagi, Ini Syaratnya

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo memperkirakan dalam waktu 10 tahun ke depan tidak ...

Awasi Dana Desa, Mendagri Minta Kabupaten Sisihkan Dana untuk Camat.

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyinggung soal akan adanya dana yang dikucurkan kabupaten untuk camat. Dana tersebut ...

Jokowi ke Pejabat: Jangan Korupsi, Jangan Mark Up!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada seluruh menteri, pimpinan lembaga, dan 34 gubernur untuk tidak terlibat dalam tindak korupsi.

Hal itu ...

Situasi Kondusif Pada Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2018, Pertanda Masyarakat Faham Dan Mengerti Tentang Proses Demokrasi

Plt. Bupati Sabu Raijua Drs. Nikodemus N. Rihi Heke M.Si melantik dan mengambil sumpah 23 Kepala Desa terpilih ...